SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERTANIAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
I. PKN 4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | PKN · Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan | · kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | · mendeskripsikan letak geografis Indonesia · menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya · menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya · Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang · menyebutkan hasil laut · menyebutkan manfaat sungai · menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia | · Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan · Menyebutkan manfaat sungai · Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia · Mengidentifikasi hasil laut | Teknik Tes o Tes dan non tes Bentuk Tes o Lisan : o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat o Ketepatan menjawab o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan o Tertulis : o Isian o Pilihan Ganda o Uraian o Tes perbuatan o Instrumen Tes o LKS o Lembar observasi | 3 minggu | o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan o Buku IPA o Buku Matematika o Buku Bahasa Indonesia o Buku IPS o Ensiklopedia o Kamus Bahasa Indonesia o Pedoman EYD o Koran dan Majalah o Media elektronik |
II. IPS 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | IPS· Memahami pentingnya semangat kerja | · jenis pekerjaan dan penggunaan uang | · menjelaskan pentingnya semangat kerja · menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja · menjelaskan alasan orang harus bekerja | · Menjelaskan alasan orang harus bekerja · Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja · Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja | |||
III. IPA 4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber | IPA· Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak · Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya · Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari | · cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber | · menyebutkan pengertian angin · menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan · menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin · membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita · menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi · menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda | · Menyebutkan pengertian angin · Menunjukkan pengertian angin · Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan · Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin · Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita · Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi · Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda | |||
IV. Matematika 3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah | Matematika· Mengenal pecahan sederhana | · pecahan sederhana | · membuktikan pecahan 1/2, 1/4 · Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6 · menulis lambang pecahan 1/2, 1/4 · membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4 · menulis lambang pecahan 1/3, 1/6 · membaca lambang pecahan 1/3, 1/6 · menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar | · Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat · Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam · Menulis lambang pecahan setengah, seperempat · Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam · Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat · Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam · Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar | |||
V. Bahasa Indonesia 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan 6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita 7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi 8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi | Bahasa Indonesia · Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya · Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya · Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar · Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif. · Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik | · | · mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu · melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman · menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi · menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak · membacakan bacaan agak panjang secara intensif · membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar · menulis kalimat berita · memilih kalimat berita · menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan · menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan | · Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu · Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman · Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi · Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak · Membaca bacaan agak panjang secara intensif · Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar · Menulis kalimat berita · Memilih kalimat berita · Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan · Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan | |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
0 komentar:
Posting Komentar